3 REVIEW JURNAL TEKNIK INFORMATIKA


JURNAL 1

Judul : APLIKASI STEGANOGRAFI SUARA MENGGUNAKAN METODE PHASE CODING
Jurnal : Penelitian
Volume & Halaman : Vol. 01, No. 01
Tahun : 2016
Penulis : Mohamad Raditya Putra, Asep Sholahuddin, Rudi Rosadi
Tanggal : 03 Maret 2019
Latar Belakang : Steganografi adalah salah satu teknik pengamanan informasi dengan menggunakan media sebagai alat untuk bersembunyi seperti gambar, suara, video, atau media lainnya.
Metode Penelitian : Metode penelitian menggunakan Metode Phase Coding, adalah salah satu metode dalam steganografi suara dengan teknik mengganti nilai fase suatu sinyal suara untuk merepresentasikan nilai dari pesan rahasia yang disisipkan.
Teori : -
Pembahasan : Pada penelitian ini sistem dibangun menggunakan aplikasi Mathworks MATLAB r2015a dan Microsoft Visual Studio 2015 dengan menggunakan bahasa Visual C#. Pembangunan aplikasi terlebih dahulu dibuat di dalam MATLAB. Aplikasi yang telah selesai dibuat .dll atau library untuk bahasa Visual C#. Pembangunan antarmuka seluruhnya dibangun di dalam bahasa Visual C# lalu dihubungkan dengan .dll dari MATLAB. Hasil yang didapat berkas suara dapat disisipkan pesan rahasia menggunakan metode Phase Coding. Berkas suara hasil dibandingkan dengan berkas suara asli menurut ukuran berkas, bitrate, sample rate, serta kualitas sinyal suara. Berkas suara hasil juga diuji dengan uji ketahanan kompresi dan uji kasat mata pesan rahasia untuk melihat kualitas berkas suara hasil.
Kelebihan : Telah dipaparkan dengan gamblang bagaimana penelitian yang telah dilakukan, serta lengkapnya data lapangan yang didapat, kejelasan bahasa yang digunakan sehingga memudahkan dalam memahami isi jurnal sendiri.
Kekurangan : Kurangnya landasan-landasan teori untuk memperkuat hasil penelitian atau jurnal yang ada.
Kesimpulan : Hasil dari penelitian ini sangat berguna untuk meningkatkan keamanan privasi, namun dapat disalahgunakan oleh penggunanya.

JURNAL 2

Judul : ENKRIPSI KONTEN BLOB-FIELD UNTUK PENGAMANAN DATA BANK SOAL UJIAN CBT (Computer Based Test)
Jurnal : Penelitian
Volume & Halaman : Vol. 01, No. 01
Tahun : 2016
Penulis : Juli Rejito, Deni Setiana
Tanggal : 03 Maret 2019
Latar Belakang : Implementasi teknologi informasi khususnya dalam ujian berbasis komputer (CAT-Computer Assisted Test) mulai banyak digunakan. Kerahasiaan soal yang tersimpan dalam bentuk database menjadi hal utama yang harus diperhatikan, dikarenakan soal yang dipergunakan dalam ujian tidak boleh terpublikasikan (bocor) baik dari sisi peserta test (client) yang menggunakan cat tersebut maupun dari pengelola database (administrator).
Metode Penelitian : Dalam paper ini akan dipaparkan salah satu alternative solusi pengamanan soal yang tersimpan dalam bentuk blob-field database yang memuat konten teks maupun konten citra yang disandikan, sehingga konten soal yang aslinya hanya akan terbaca apabila menggunakan aplikasi cat yang sesungguhnya.
Teori : -
Pembahasan : Teknis penyandian yang dipergunakan dalam blob-field adalah dengan memanfaatkan enkripsi simetrik yang dimunculkan dalam bentuk aplikasi entry bank soal sebagai alat bantu memasukkan soal sekaligus berfungsi untuk enkripsi konten soal, disisi lain menggunakan aplikasi CAT yang dipergunakan oleh user untuk mengerjakan soalsekaligus berfungsisebagai dekripsi konten soal. Pembuktian hasil enkripsi soal ditunjukkan dengan akses langsung ke dalam blob-field konten soal yang tersimpan pada database menggunakan antar muka akses database.
Kelebihan : Telah dipaparkan dengan gamblang bagaimana penelitian yang telah dilakukan, serta lengkapnya data lapangan yang didapat, kejelasan bahasa yang digunakan sehingga memudahkan dalam memahami isi jurnal sendiri.
Kekurangan : Kurangnya landasan-landasan teori untuk memperkuat hasil penelitian atau jurnal yang ada.
Kesimpulan : Hasil dari penelitian ini sangat berguna untuk meningkatkan keamanan pada ujian CBT, sehingga dapat meminimalisir kebocoran soal & jawaban ujian CBT.

JURNAL 3

Judul : IMPLEMENTASI SIMULASI WISATA SHARK CAGE DIVING DENGAN PERANGKAT VIRTUAL REALITY GOOGLE CARDBOARD MENGGUNAKAN GAME ENGINE UNITY 3D
Jurnal : Penelitian & Pengabdian
Volume & Halaman : Vol. 01, No. 01
Tahun : 2016
Penulis : Riva Farabi, Akik Hidayat, Erick Paulus
Tanggal : 03 Maret 2019
Latar Belakang : Shark cage diving merupakan salah satu kegiatan rekreasi yang dilakukan di daerah laut yang dihuni hiu. Tentu tidak semua orang mampu melakukan kegiatan tersebut, tapi dengan teknologi virtual reality, dapat memungkinkan seseorang untuk melihat dan mensimulasikan hal yang belum pernah dilihatnya secara langsung di depan mata
Metode Penelitian : Metode penelitian yang dipakai menggunakan metode pendekatan teknologi virtual reality, dapat memungkinkan seseorang untuk melihat dan mensimulasikan hal yang belum pernah dilihatnya secara langsung di depan mata.
Teori : -
Pembahasan : Google Cardboard merupakan salah satu teknologi virtual reality dari beberapa perangkat VR yang ada di pasaran yang mudah dijangkau masyarakat. Selain murah, Google Cardboard mengandalkan kemudahan dalam pemakaiannya dengan perangkat smartphone sebagai layar VR. Dengan game engine Unity 3D, dapat memungkinkan membuat aplikasi VR yang mensimulasikan kegiatan shark cage diving yang dapat digunakan pengguna smartphone dan Google Cardboard dengan mudah. Dari penelitian dan studi lapangan terhadap 30 orang responden menunjukkan bahwa aplikasi VR bisa digunakan sebagai alat rekreasi yang juga menambah wawasan.
Kelebihan : Telah dipaparkan dengan gamblang bagaimana penelitian yang telah dilakukan, serta lengkapnya data lapangan yang didapat, kejelasan bahasa yang digunakan sehingga memudahkan dalam memahami isi jurnal sendiri.
Kekurangan : Kurangnya landasan-landasan teori untuk memperkuat hasil penelitian atau jurnal yang ada.
Kesimpulan : Hasil dari penelitian ini sangat berguna bagi orang yang ingin mendapatkan sensasi ekstrim berenang bersama kelompok hiu yang dalam kenyataan dapat menyebabkan kematian.

Sumber : http://jurnal.unpad.ac.id

Comments

Popular posts from this blog

10 JURNAL TEKNIK INFORMATIKA

PENGERTIAN RISET DAN CONTOHNYA